Piodalan Pura Villa Kubu

Seminyak, February 28, 2010
Piodalan atau odalan artinya lahir atau kelahiran. Sebuah pura dianggap lahir pada saat "ngenteg linggih," dalam bahasa sansekerta disebut "Khumbha Abhisekam." Dalam pengertian kita yang awam, pada saat itulah Ida Betara mulai melinggih di pura ini. Secara tattwa dapat dijelaskan, pada saat itulah pura diberikan tenaga kehidupan, prana dan jiwa, roh oleh Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi. Dan setelah itu Pura menjadi pusat kehidupan ritual dan spiritual kita.


Piodalan pura villa kubu seminyak jatuh pada Purnama sasih kesanga.

Perayaan piodalan pura villa kubu ditandai dengan dibuatnya penjor di depan gapura pura sehari sebelum piodalan. Tujuan pemasangan penjor adalah sebagai swadharma umat Hindu untuk mewujudkan rasa bakti dan berterima kasih kehadapan Ida Sanghyang Widi Wasa. Penjor juga sebagai tanda terima kasih manusia atas kemakmuran yang dilimpahkan Ida Sang Hyang Widi Wasa. Bambu tinggi melengkung adalah gambaran dari gunung yang tertinggi sebagai tempat yang suci. Hiasan yang terdiri dari kelapa, pisang, tebu, padi, jajan dan kain adalah merupakan wakil-wakil dari seluruh tumbuh-tumbuhan dan benda sandang pangan yang dikarunia oleh Hyang Widhi Wasa.

Seluruh staff terlibat langsung dalam piodalan pura villa kubu. Bahkan Owner(Ms. Dee Mytton) terlihat antusias mengikuti upacara piodalan. Setelah persembahyangan piodalan selesai, dilanjutkan dengan syukuran berupa makan bersama sekaligus mengucapkan rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena telah diberikan kemudahan bagi staff, management dan pihak-pihak yang terlibat dalam villa kubu seminyak.